Jumat, 18 Januari 2019

Pengobatan Hepatitis A

Selamat berkunjung di website https://marriage-counseling-001.blogspot.com, situs yang memberikan informasi tentang segala macam penyakit, termasuk penyakit yang saat ini akan dibahas adalah penyakit Hepatitis. Penyakit ini terjadi karena munculnya peradangan pada organ tubuh bagian hati. Untuk mengetahui lebih lanjut Anda dapat simak pembahasan berikut ini.


Untuk mendiagnosis hepatitis A, dokter akan menanyakan riwayat perjalanan penyakit yang sedang diderita. Sesudah itu, dokter akan menganjurkan untuk pengecekan darah. Indikasi bahwa sedang menderita hepatitis A yaitu apabila hasil tes darah menunjukkan adanya reaksi positif antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh ketika menyerang virus ini. Apabila dijumpai antibodi hepatitis A jenis IgM, berarti penderita baru terkena hepatitis A kurang lebih selama 2 minggu. Antibodi ini akan menghilang 3-12 bulan sesudah infeksi terjadi.

Sementara apabila dijumpai antibodi hepatitis A jenis IgG, maka infeksi hepatitis A telah berlangsung kurang lebih selama 8-12 minggu. Antibodi jenis ini akan bertahan dalam darah dan menjaga tubuh penderita selamanya. Apabila positif menderita penyakit ini, dokter akan mengedel keadaan hati melalui tes darah penunjang lainnya dan USG.

Penyakit ini tidak mempunyai langkah pengobatan khusus. Penyembuhan hanya bergantung pada sistem kekebalan tubuh yang melenyapkan virus dengan sendirinya. Langkah penanganan hepatitis A bertujuan untuk mengurangi gejala-gejala yang diderita. Langkah-langkah penanganannya yaitu :
  • Banyak istirahat - Penderita hepatitis A pasti akan menderita kelelahan, terutama pada awal infeksi.
  • Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri misalnya parasetamol atau ibuprofensesuai dengan resep dokter, apabila penderita mengalami nyeri atau sakit.
  • Menangani mual-mual dan muntah, seperti dengan mencegah makanan berlemak dan makan dengan porsi sedikit. Apabila gejala ini tidak berkurang, dokter biasanya akan meresepkan obat antimuntah mislanya metoclopramide. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, serbuk, serta melalui suntikan.
  • Jangan mengkonsumsi minuman keras atau obat-obatan yang memiliki efek pada hati supaya organ hati juga dapat beristirahat. Apabila ada obat-obatan tertentu yang harus digunakan, diskusikan dosis atau jenis obat yang aman dengan dokter.
Terdapat sebagian cara utnuk penderita hepatitis A untuk menghindari penyebaran infeksi ke prang lain, diantaranya :
  • Jangan berbagi handuk dengan orang lain dan jangan mencampur cucian pakaian dengan milik orang lain.
  • Cucilah tangan dengan sabun dan air bersih dengan rutin, khususnya selesai ke kamar kecil.
  • Sebaiknya tidak berhubungan seksual, selama masih terkena infeksi.
  • Jangan menyediakan makanan untuk orang lain.
  • Bersihkan kamar kecil, terutama bagian kloset.
  • Hindari bepergian ke luar rumah, setidaknya hingga seminggu sesudah gejala mulai terasa. 

Pengobatan Hepatitis A Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Syifa Salsabila

0 komentar:

Posting Komentar